KESESATAN (HETERODOKSI) GERAKAN KARISMATIK 05

Started by saulus, May 20, 2022, 08:05 AM

Previous topic - Next topic

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

saulus

V. DOKTRIN UTAMA KARISMATIK: BAPTISAN ROH KUDUS DAN BAHASA ROH

A. Baptisan Roh Kudus

"Satu Tuhan, Satu Iman, Satu BAPTISAN" (Ef 4:5)
"Confiteor Unum BAPTISMA in remissionem peccatorum" (Credo Nicea-Constantinople)

Diatas adalah dua pengakuan iman dari dua sumber Tradisi Suci, yaitu Alkitab dan keputusan dogmatis Gereja di Konsili Nicea-Constantinople. Gereja hanya mengakui SATU Baptisan, tidak ada baptisan yang lain. Untuk "menciptakan" suatu doktrin baptisan yang baru, seperti yang dilakukan oleh Protestantism dan Karismatik, berarti telah melangkah keluar dari wahyu yang terus menerus diajarkan Gereja Kudus dan merupakan penghujahan (sacrilege).

Apa yang terjadi pada saat pembaptisan? Berikut jawaban beserta referensi dari Katekismus Gereja Katolik
1. Penghapusan semua dosa sebelumnya. Semua! Total! Termasuk hukuman atas akibat dosa yang biasanya ditanggung di Api Penyucian (sehingga mereka yang mati setelah dibaptis sebelum berbuat dosa apapun, akan langsung masuk ke surga). Bdk. Katekismus 1263.
 
 2. Penghapusan dosa tidak serta merta membebaskan manusia dari concupiscence (kecenderungan untuk berdosa), penderitaan, kematian etc yang datang ke dunia karena dosa. Bdk. Katekismus 1264.
 
 3. Manusia "diciptakan" kembali menjadi "ciptaan baru" (2Kor 5:17), seorang anak angkat Allah (Gal 4:5-7), pengikut serta dalam kodrat ilahi sang Allah (2Pet 1:4), Anggota Kristus (1Kor 6:15) dan pewaris bersama dengan Kristus (Rom 8:17), dan kuil bagi Roh Kudus (1Kor 6:19). Bdk. Katekismus 1265.
 
 4. Pemberian Rahmat Pengudusan dan/atau Rahmat Pembenaran yang memungkinkan mereka untuk menerima kebajikan-kebajikan ilahi (iman, harapan, cinta kasih) karunia-karunia Roh Kudus (tujuh karunia Roh Kudus) dan kebajikan-kebajikan susila (keadilan, keberanian, penguasaan diri). Bdk. Katekismus 1266.
 
 5. Menjadi bagian dari Imamat Rajawi Kristus (1Pet 2:9), suatu bangsa imamat umum sebagaimana Israel sebagai satu bangsa imamat (Kel 19:6). Bdk. Katekismus 1268.
 
 6. Mendapatkan Karakter Sakramen Baptis berupa "materai Allah" ("Dominicus character") yang tak terhapuskan yang diberi oleh Sang Allah Roh Kudus. Bdk. Katekismus 1272-1274.

Sesuai dengan Katekimus 1265 yang merujuk pada 1Kor 6:19 (no:3 diatas), pada pembaptisan Allah Roh Kudus sudah hadir secara nyata dalam diri terbaptis, beserta karunia-karuniaNya (lihat no:4 diatas). Tidak diperlukan suatu "baptisan Roh Kudus tambahan" yang seakan-akan dilakukan karena menganggap bahwa pada saat dibaptis umat tidak menerima Roh Kudus. Begitu juga suatu "baptisan Roh Kudus tambahan" tidak akan membuat kita lebih dikaruniai Roh Kudus karena semua karunia Roh Kudus telah kita terima pada saat baptisan air yang dirayakan di Gereja secara biasa (ordinary).

Beberapa Protestant tertentu dan Karismatik mengajukan ayat seperti Mat 3:11 untuk berargumen akan adanya suatu Baptisan Roh Kudus. Namun Tradisi Gereja mengajarkan bahwa yang dimaksud Baptisan Roh Kudus dan Baptisan Api di Mat 3:11 adalah sama dengan Baptisan dengan air yang diterima setiap umat Katolik di Gereja.

Berikut dari Summa Theologica yang mengkonfirmasi dan mengulangi apa yang diajarkan Gereja Katolik:
SUMMA THEOLOGICA
 
 QUESTION 66: OF THE SACRAMENT OF BAPTISM
 
 ARTICLE 11: Whether three kinds of Baptism are fittingly described - viz. Baptism of Water, of Blood, and of the Spirit?
 
 
 OBJ 1
: It seems that the three kinds of Baptism are not fittingly described as Baptism of Water, of Blood, and of the Spirit, i.e. of the Holy Ghost. Because the Apostle says (Ephesians 4:5): "One Faith, one Baptism." Now there is but one Faith. Therefore there should not be three Baptisms.
 
 ...
 
 Reply OBJ 1: The other two Baptisms are included in the Baptism of Water, which derives its efficacy, both from Christ's Passion and from the Holy Ghost. Consequently for this reason the unity of Baptism is not destroyed. (
sumber: Summa Theologica)
 
 (
Terjemahan 11)

Terlebih, ketika Yohanes Pembaptis mengatakan, "Aku membaptis kamu dengan air ... tapi Ia [Kristus] akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan Api," Yohanes Pembaptis tidak bermaksud mengatakan bahwa baptisan air yang dilakukan Gereja sekarang ini adalah sesuatu yang inferior daripada baptisan Roh Kudus dan Api. Yohanes Pembaptis disini membandingkan baptisan yang dilakukan dirinya sendiri ("aku membaptismu dengan air untuk pertobatan" – Mat 3:11) dengan baptisan yang akan dilakukan oleh Kristus. Gereja mengajarkan bahwa Baptisan air yang dilakukan Yohanes Pembaptis adalah baptisan pertobatan dan bukan baptisan yang bersifat sakramen:
720 Finally, with John the Baptist, the Holy Spirit begins the restoration to man of "the divine likeness," prefiguring what he would achieve with and in Christ. John's baptism was for repentance; baptism in water and the Spirit will be a new birth. (Yoh 3:5)
 
 (
Terjemahan 12)

Argumen lain yang juga digunakan Karismatik dan Protestant untuk menjustifikasikan doktrin "Baptisan Roh Kudus" adalah Kis 8:14-17. Dikisahkan bahwa Philipus telah membaptis orang-orang Samaria, namun ketika para rasul tiba di Samaria mereka melihat bahwa Roh Kudus belum datang atas orang Samaria yang terbaptis. Para rasul kemudian menumpangkan tangan atas mereka sehingga Roh Kudus datang pada mereka. Cerita dari Kis 8:14-17 ini seakan-akan membenarkan praktek Protestant dan Karismatik yang meminta turunnya Roh Kudus bagi umat bahkan setelah pembaptisan. Apakah iman Gereja Katolik yang mengajarkan bahwa Roh Kudus benar-benar tinggal dalam diri seseorang setelah dia dibaptis (Katekismus 1265; 1Kor 6:19) berlawanan dengan ayat tersebut? Berikut adalah Komentar dari Haydock Bible Commentary, suatu Kitab Suci berbasis Duoay-Rheims yang disertai komentar Rm. Haydock, atas Kis 8:15,17:
Ver. 15. The Holy Ghost, which the apostles came to give the Samaritan Neophytes, was not the spirit of grace, of justice, and of sanctity, for that they had received at baptism; but the spirit of strength, to confess with confidence and freedom the name of Jesus, and the supernatural and miraculous graces, usually at that time granted to the faithful, by the imposition of hands. Philip did not administer the sacrament, because he could not; he was not a bishop. Hence now in the Church, we see only the chief pastors do it, præcipuos et non alios videmus hoc facere. See St. Chrysostom, hom. xviii. in Acta. --- There is no mention here, it is true, of unction, but the most venerable antiquity clearly specifies it. St. Cyprian, in the third age [third century], says: "it is moreover necessary, that he who has been baptized, should be anointed, that having received the chrism, that is, the unction, he may be the anointed of God." (Ep. lxx.) --- In the next age [fourth century], St. Pacianus writes: "Do you say that this (the power of remitting sins) was granted only to the apostles? Then I say, that they alone could baptize, and give the Holy Spirit, for to them alone was the command of doing it given. If, therefore, the right of conferring baptism, and of anointing, descended to their successors, to them also has come the power of binding and loosing." (Ep. i. ad Sym. Bibl. Max. T. iv. p. 307)
 
 Ver. 17.
They received the Holy Ghost. Not but that they had received the grace of the Holy Ghost at their baptism; but not that plentitude of grace, and those gifts, which they received from bishops in the sacrament of confirmation. This sacrament, as St. Chrysostom observes,[2] St. Philip, the deacon, had not the power to give. (Witham) (Sumber: Haydock Bible Commentary)
 
 (
Terjemahan 13)

Jadi, yang dilakukan para rasul di Kis 8:15,17 adalah memberikan para orang Samaria Sakramen Krisma BUKAN memberi mereka suatu "baptisan Roh Kudus" seperti yang secara salah diyakini oleh Protestant dan Karismatik. Sesuai yang ditulis Rm. Haydock, Philipus bukanlah Uskup sehingga tidak bisa memberikan Sakramen Krisma kepada orang Samaria. Sehingga para rasul-lah, yang adalah cikal bakal semua Uskup Gereja Katolik, yang mampu memberikan orang Samaria Sakramen Krisma agar Roh Kudus yang sudah ada dalam diri mereka dikuatkan. Katekismus, di bagian Sakramen Krisma (no:1285-1321), mengkonfirmasi penafsiran Rm. Haydock :
1315 "Now when the apostles at Jerusalem heard that Samaria had received the word of God, they sent to them Peter and John, who came down and prayed for them that they might receive the Holy Spirit; for it had not yet fallen on any of them, but they had only been baptized in the name of the Lord Jesus. Then they laid their hands on them and they received the Holy Spirit" (Acts 8:14-17).
 
 1316 Confirmation perfects Baptismal grace; it is the sacrament which gives the Holy Spirit in order to root us more deeply in the divine filiation, incorporate us more firmly into Christ, strengthen our bond with the Church, associate us more closely with her mission, and help us bear witness to the Christian faith in words accompanied by deeds.
 
 (
Terjemahan 14)