Recent posts

#41
Diskusi Kristen / Re: The Calendar of the Sadduc...
Last post by saulus - Nov 18, 2023, 10:40 AM
MIKDASH KEDUA
Taurat menceritakan bahwa ketika Mikdash Kedua diresmikan, suara-suara sukacita dari orang-orang Yahudi yang berbahagia ditenggelamkan oleh tangisan kesedihan dari orang-orang tua yang mengenang kemuliaan Mikdash Salomo. Tidak ada banyak uang di Yerusalem pada tahun-tahun itu, dan lebih buruk lagi, tidak ada banyak orang Yahudi; sebagian besar telah memutuskan untuk tetap tinggal di komunitas-komunitas Taurat yang kuat di pengasingan daripada menghadapi bahaya dan ketidaknyamanan dalam bermukim di Tanah Suci. Seolah-olah itu belum cukup, iklim politik lokal pada saat kelahiran persemakmuran kedua masih jauh dari stabil. Kussim (orang Samaria), yang berjuang untuk mendapatkan dukungan dari raja Persia, berperang secara fisik dan politik melawan komunitas Yahudi yang rapuh. Komunitas itu sendiri kecil dan terkadang sangat lemah karena ketidaktahuan akan perintah Taurat dan bahkan perkawinan campur (Nechemiya 9, 2).

Hasil dari semua kekacauan itu adalah sebuah Mikdash yang - meskipun megah - tidak dapat dibandingkan dengan pendahulunya. Bagaimana bisa sebaliknya? Para tukang benar-benar harus melakukan pekerjaan mereka dengan pedang di satu tangan (Nekhimya 4, 15) dan perkakas di tangan lainnya. Mikdash kedua ini tidak memiliki tabut (tabut itu telah dikuburkan beberapa dekade sebelum penghancuran sebelumnya untuk melindunginya dari tangan musuh); imam besar tidak memiliki penutup dada untuk berkonsultasi dengan nasihat G-d (entah batu-batu itu hilang atau, menurut pendapat lain, ada di sana, tetapi tidak menyala untuk menjawab pertanyaan); ada lebih sedikit mukjizat terbuka yang dapat digunakan untuk melihat kehadiran Ilahi dan bahan serta arsitektur bangunan itu sendiri mengecewakan. Tetapi itu lebih baik daripada pengasingan.

Faktanya, seluruh periode kekaisaran kedua adalah semacam pengasingan. Para orang bijak, yang dipimpin oleh 120 anggota Anshei Knesset Hagadol (Anggota Majelis Agung), benar-benar menggunakan tahun-tahun Persemakmuran Kedua sebagai persiapan untuk pengasingan yang lebih lama yang mereka tahu akan datang. Badan inilah yang, di antaranya, melembagakan sebagian besar siddur (buku doa) yang kita miliki saat ini.Tahun-tahun itu merupakan tahun-tahun yang penuh kemunduran bagi bangsa Yahudi. Di ujung cakrawala terbentang pengasingan yang tampaknya tak berujung. Masa depan tampak suram dan berbagai kekuatan dunia (Persia, Yunani, dan Romawi) juga tidak akan membiarkan negeri kecil ini dan rakyatnya menikmati masa kini. Namun, tanpa keberadaan para pemimpin besar kita, seperti Shimon Hatzadik, Shemaya dan Avtalion, Hillel dan Shamai serta Guru Akiva, bangsa kita mungkin sudah lama ditelan oleh waktu. Hanya Taurat - Taurat para pemimpin tersebut - yang bertindak sebagai mercusuar di malam yang gelap untuk mendefinisikan kita sebagai sebuah bangsa dan menunjukkan kepada kita jalan yang harus diikuti.
#42
Diskusi Kristen / Re: The Calendar of the Sadduc...
Last post by saulus - Nov 16, 2023, 11:18 AM
" PENEMUAN TERBARU Di Qumran pada tahun 1947, ditemukan gulungan-gulungan apokaliptik, dan di antaranya adalah Kitab Yobel dan tulisan-tulisan Mikdash Kedua Henokh I yang membahas tentang kalender dan sistem penanggalan yang digunakan orang-orang ini. Para ahli telah memperhatikan Kalender Apokrifa sebelum penemuan ini, namun ketertarikan mereka kembali muncul dengan ditemukannya gulungan-gulungan yang digunakan oleh sekte Qumran. Kalender ini didasarkan pada 364 hari per tahun. Tahun ini dibagi menjadi empat periode (sesuai dengan empat musim dalam setahun), dengan 13 minggu atau 91 hari di setiap periode. Ada 12 bulan dalam setiap tahun atau total 52 minggu. Dengan menggunakan ukuran yang tepat ini dan memulai tahun pada hari Rabu tepat setelah titik balik musim semi, hari-hari suci jatuh tepat pada hari yang sama, di bulan yang sama, setiap tahun.
Kalender ini memerlukan penelitian yang ekstensif, karena sekarang ada banyak bukti bahwa kalender ini adalah kalender yang digunakan oleh Abraham, Raja Salomo, Raja Daud, dan Imam Besar Zadok dalam Mikdash Suci Pertama. Kalender yang berbeda digunakan di Mikdash Kedua, tetapi Mikdash tersebut tidak memiliki Hadirat, Tabut Perjanjian, dan tidak ada sarana bagi para imam yang murtad untuk berkomunikasi secara langsung dengan Tuhan. Faktanya, tercatat bahwa 300 imam besar selama periode Mikdash kedua, meninggal ketika mereka masuk ke Ruang Mahakudus pada hari Yom Kippur. Ada sesuatu, mungkin banyak hal, yang salah dengan Kultus Mikdash Kedua.

Sebuah tim cendekiawan ditunjuk untuk mempelajari gulungan-gulungan tersebut pada tahun 1952. Mereka menjadi kelompok elit dan tertutup. Pada tahun 1991, monopoli ini dipatahkan secara efektif ketika Perpustakaan Huntington di California mengumumkan bahwa mereka akan mengizinkan akses publik ke koleksi foto-foto Gulungan Kitab Laut Mati. Hal ini segera diikuti dengan penerbitan Edisi Faksimili oleh Biblical Archaeology Society di Washington, D.C. Hingga saat itu, para sarjana yang sebelumnya mengendalikan akses ke Gulungan Kitab telah menyatakan secara terbuka bahwa tidak ada yang menarik dari Gulungan Kitab yang belum diterbitkan dan tidak ada yang memberikan penjelasan lebih lanjut tentang kebangkitan Yudaisme dan Kekristenan di Palestina. (Gulungan Naskah Laut Mati yang Tersingkap, Profesor Robert Eisenman & Michael Wise).
Talmud tidak menjelaskan kalender ini dengan tepat, tetapi menyebutkan perdebatan tentang kalender antara orang Farisi dan Saduki.
#43
Diskusi Kristen / Re: The Calendar of the Sadduc...
Last post by saulus - Nov 16, 2023, 11:16 AM
Sebagai titik tolak, saya telah memilih satu subjek yang spesifik. Aspek ini - salah satu aspek yang paling sentral - dalam perdebatan antara kedua kelompok ini - adalah mengenai kalender: sebuah subjek yang sangat penting dalam Yudaisme hingga hari ini. Dengan demikian, pembaca harus menyadari pentingnya kalender bagi Yudaisme; dan bahwa maksud penulis bukanlah untuk mendiskreditkan, tetapi untuk membangun masa depan dengan benar.
Di masa depan kita ada masa Restitusi. Restitusi ini tidak boleh dibangun di atas kesalahan-kesalahan yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa 9 Av dan penghancuran Beit HaMikdash. Kebenaran harus tetap bertahan, berapa pun harga yang harus dibayar untuk mengenang Mazhab Hillel, Mazhab Shamai, Saduki, atau Farisi. Bagaimanapun juga, kebenaran yang mendasarinya adalah bahwa mereka pada akhirnya tidak lebih dari sekadar partai-partai politik yang berlawanan yang menggunakan alat yang sama dengan yang digunakan oleh partai-partai politik saat ini. Pada akhirnya, mereka berdua menjadi karikatur seperti gajah dan keledai saat ini. Pada awalnya, yang pertama mengupayakan kerohanian bagi Israel; yang kedua datang untuk mempromosikan pemerintahan pusat yang kuat dan legislasi untuk melawan Helenisme.
Toynbee menulis dalam bukunya tentang budaya Yunani, bahwa dosa utama budaya Yunani - dari sudut pandang Kristen - adalah humanismenya. Helenisme menjunjung tinggi manusia dan memandang dunia melalui kacamata manusia. Bersama dengan meninggalkan semua perasaan takut yang primitif yang terkait dengan paganisme, transisi ke humanisme Yunani ini telah menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada konsep kekudusan yang dipegang oleh orang-orang Saduki.
Di dalam Helenisme Yunani, rasa kagum - bukan rasa takut primitif dari para penyembah berhala mula-mula, tetapi rasa takut religius yang sejati, rasa kagum yang terkait dengan "Kudus, kudus, kudus adalah Hashem semesta alam," G-d yang Mahatinggi - ini berkurang dan lenyap. Ketika kita melihat tuhan sebagai manusia (hanya sedikit lebih canggih, mungkin) atau sebagai abstraksi filosofis, maka tidak ada lagi ruang untuk rasa takut, kagum, atau keagungan.

Hal ini menyebabkan penghapusan dalam budaya Yunani sebuah kategori yang fundamental bagi kita: perintah. Di dunia kita, manusia melihat dirinya pertama-tama dan terutama sebagai seseorang yang diperintahkan, sebagai pembawa misi Ilahi, sebagai pengemban tugas yang harus dipenuhi. Konsep ini secara umum tidak ada dalam dunia Yunani klasik Plato dan Aristoteles, dan untuk memperjuangkan konsep inilah orang-orang Farisi menjadi kekuatan politik.
Tampaknya pembenaran yang NYATA untuk Hukum Lisan yang "diilhami" - adalah karena hukum ini mengajarkan kalender lunar-matahari. Tampaknya juga bahwa pembenaran yang NYATA untuk kalender lunar-matahari - adalah bahwa kalender tersebut didefinisikan dalam Hukum Lisan. Ketika kedua pembenaran ini digabungkan, keduanya tidak memberikan keyakinan yang kuat. Ketika diajukan pertanyaan, "Apakah ada pembenaran yang NYATA untuk ajaran bahwa Talmud (Hukum Lisan) diberikan kepada Musa pada saat yang sama dengan pemberian Taurat? Bagian mana dari Hukum Lisan yang BENAR-BENAR diberikan ketika Taurat diberikan?" Rabi Mordechai Becher dan para rabi di Lembaga Ohr Somayach, Yerusalem, memberikan jawaban berikut ini, yang menegaskan kesimpulan di atas:

"Pertanyaan yang bagus, yang sulit dijawab melalui email. Saya menyarankan sebuah buku berjudul "Rantai Tak Terbatas: Taurat, Mesorah dan Manusia" oleh Guru Natan Lopez-Cordoza. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda secara singkat - Untuk membaca Taurat tertulis yang tanpa huruf hidup atau tanda baca, diperlukan tradisi lisan. Selain itu untuk penekanan, emosi, jeda dan kesinambungan serta untuk definisi hukum, seperti Bekerja pada hari Sabat, penderitaan pada hari Yom Kippur, kehidupan, hari, dll. Dengan kata lain, Taurat tidak dapat dimengerti tanpa tradisi lisan. Apakah sang penulis bersikap kejam? Ataukah Dia memberikan penjelasan tambahan? Kami mengatakan bahwa Hukum Lisan adalah penjelasan dari Penulis Taurat tentang Hukum Tertulis. Bahkan, hal ini disebutkan dalam Taurat itu sendiri - "Dan haruslah engkau menyembelih kambing domba dan lembu sapimu ... seperti yang kuperintahkan kepadamu" - Ulangan 12:21 meskipun tidak ada satu pun dari hukum tertulis yang menjelaskan cara penyembelihannya. Selain itu, ada sejumlah bukti yang menunjukkan adanya tradisi lisan kuno."
a.      "Penerimaan yang seragam terhadap prinsip-prinsip dasar. (Bahkan Karaite dan Saduki) oleh komunitas Yahudi di seluruh dunia sepanjang sejarah.
b.      "Artefak-artefak yang mendahului redaksi Mishnah, misalnya Tefilin, Mikvaot - yang sesuai dengan persyaratan hukum lisan. (Yadin, Qumran, Masad)
c.      "Terjemahan Yunani Septuaginta. mis. tashbitu = hancurkan (Keluaran 12:15, B.T. Pesachim 21a - biasanya sejalan dengan lisan "hari setelah Sabat" (Imamat 23:11) = "hari setelah Paskah".
Karya-karya Helenistik.
d.      "Para nabi menerima Hukum Lisan sebagai sesuatu yang diberikan. Misalnya, mengangkut dan berniaga pada hari Sabat (Yeremia 17:21-22)
e.      "Pangeran Yehuda hidup di Kekaisaran Romawi, kebanyakan orang Yahudi hidup di Kekaisaran Persia. Namun demikian, Mishnah diterima secara universal.
f.       "Konsistensi dan universalitas kalender yang kompleks di antara semua komunitas, bahkan tanpa komunikasi. Dan seluruh kalender didasarkan terutama pada tradisi lisan.
#44
Diskusi Kristen / The Calendar of the Sadducees
Last post by saulus - Nov 16, 2023, 10:46 AM
This is difficult because the "Oral Tradition", now called the Mishnah or the "Oral Law", developed as a sage was assigned to teach in an Academy during Shabbat, where he expounded the Scriptural lesson. His ideas then became known to all the others and what he said became part of the stream of an Oral Tradition passed on from one to the other and from generation to generation. Later, to enforce observance of the sage's teaching, it was taught that the Oral Tradition Law was given at Sinai. It was not written down until the beginning of the Third Century CE, by Judah ha-Nasi (Judah the Prince).
This was more than a thousand years since the giving of the written Torah. The truth is that the Mishnah developed over a period of a thousand years. We surely need the Mishnah, but to say it was given at Sinai is an unacceptable stretch. The tradition of the Mishnah is vital to our understanding; but now we must consider the evidence of a tradition more than a thousand years older, and that which properly explains the words of the Torah Itself: the calendar of the Sadducees.

terjemahan :
Hal ini sulit dilakukan karena "Tradisi Lisan", yang kini disebut Mishnah atau "Hukum Lisan", berkembang ketika seorang bijak ditugaskan untuk mengajar di sebuah akademi pada hari Sabat, di mana ia menguraikan pelajaran Kitab Suci. Ide-idenya kemudian dikenal oleh semua orang dan apa yang dikatakannya menjadi bagian dari aliran Tradisi Lisan yang diteruskan dari satu orang ke orang lain dan dari generasi ke generasi. Kemudian, untuk menegakkan ketaatan pada ajaran orang bijak, diajarkan bahwa Hukum Tradisi Lisan diberikan di Sinai. Hukum ini baru dituliskan pada awal abad ke-3 Masehi, oleh Yehuda ha-Nasi (Yehuda sang Pangeran).

Ini terjadi lebih dari seribu tahun sejak pemberian Taurat tertulis. Yang benar adalah bahwa Mishnah berkembang selama seribu tahun. Kita tentu saja membutuhkan Mishnah, tetapi mengatakan bahwa Mishnah diberikan di Sinai adalah hal yang tidak dapat diterima. Tradisi Mishnah sangat penting bagi pemahaman kita; tetapi sekarang kita harus mempertimbangkan bukti-bukti dari sebuah tradisi yang berusia lebih dari seribu tahun lebih tua, dan yang dengan tepat menjelaskan kata-kata Taurat itu sendiri: kalender orang Saduki.

Siapakah Saduki yang dimaksud ???

Kita jangan cepat-cepat mengambil kesimpulan itu adalah kaum saduki di zaman Yesus yang menguasai Bait Suci ...

Kita sungguh-sungguh harus menggali ke dalam sejarah kaum ini ... dari awal imamat Harun ... dan suksesinya ... barulah kita akan mendapat informasi yg tepat dan seimbang ...

Pada masa-masa sebelumnya juga terdapat dua aliran pemikiran, yaitu aliran Saduki (Imamat Zadok), dan aliran Farisi (Imamat Hasmonean). Baik Mazhab Hillel maupun Mazhab Syamai berasal dari kaum Farisi, yang pada masa lalu, tidak menganggap "pendapat-pendapat yang saling bertentangan dalam Taurat saling melengkapi dan bukannya eksklusif" sehubungan dengan kaum Saduki. Karena kesalahan dan kebencian politik antara kedua kelompok ini, Bait Suci dihancurkan. Pada masa "Pemulihan Segala Sesuatu" ini, kita harus memperbaiki kesalahan ini sebelum kita mulai membangun Beit HaMikdash Ketiga.

Analisis yang tepat mengenai hubungan antara dunia kita dan dunia orang Saduki kuno membutuhkan jenis survei menyeluruh yang hanya dapat dilakukan oleh seorang ahli Taurat, yang fasih berbahasa Ibrani. Saya tidak memiliki alat ini. Paradoksnya di sini adalah bahwa seseorang yang memiliki kualitas dan alat yang tepat akan begitu tenggelam dalam prasangka negatif terhadap studi yang obyektif, sehingga ia tidak akan mampu melakukan penyelidikan dari sudut pandang yang tidak bias.


Wajar jika sejak kecil, kita membawa serta beban budaya (tentunya dengan akar sejarah yang dalam) yang menggambarkan orang-orang Saduki sebagai musuh. Akibatnya, budaya ini biasanya digambarkan secara luas dan jelek, mengidentifikasikan budaya dan tradisi Saduki secara umum dengan gagasan-gagasan kasar yang sebagian besar tidak didukung oleh fakta.

Kerugian dari pendekatan semacam itu sebenarnya ada dua. Pertama, pendekatan ini tidak memungkinkan kita untuk sampai pada inti permasalahan dan menghalangi kita untuk memahami signifikansi penuh dari konflik antara dua subkultur yang berbeda ini dengan cara yang mendalam. Mengubah lawan menjadi "manusia jerami" membuat kita lebih mudah untuk menghadapinya, tetapi pertempuran yang sebenarnya - dalam hal keyakinan dan kepercayaan, filosofi dan budaya - tidak pernah dibahas. "Eleh VaEleh Divei Elokim Chaiim"


Selain itu, membangun tembok di antara kita dan bagian dari "akar" kita ini dapat membuat kita secara sukarela memotong diri kita sendiri dari kekayaannya yang besar.

Pertimbangkanlah bukti-bukti dalam Gulungan Kitab MMT dan Buku Pedoman Disiplin. Sebagai contoh, Bani Zadok (Saduki) mempertahankan tradisi pakaian lenan putih imamat bahkan dalam pembuangan mereka ke Qumran. Imam jahat (Farisi) di Yerusalem telah meninggalkan perintah Taurat untuk mengenakan pakaian lenan putih keimaman.
#45
Diskusi Kristen / Re: SABAT A LA YAHUDI DIHAPUS ...
Last post by saulus - Nov 16, 2023, 10:27 AM
WA313 WA313
#46
Saat teduh / St. Faustina's Visions of the ...
Last post by Bernadet - Oct 05, 2022, 06:26 PM
#47
Katolik / ASAL USUL BULAN OKTOBER DITETA...
Last post by Bernadet - Oct 04, 2022, 05:27 AM

ASAL USUL BULAN OKTOBER DITETAPKAN SEBAGAI BULAN ROSARIOIMG-20221001-WA0045.jpg
Penentuan bulan Oktober sebagai bulan Rosario berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Lepanto pada tahun 1571, di mana negara- negara Eropa diserang oleh kerajaan Ottoman yang menyerang Eropa. Terdapat ancaman genting saat itu, bahwa agama Kristen akan terancam punah di Eropa. Jumlah pasukan Turki telah melampaui pasukan Kristen di Spanyol, Genoa dan Venesia. Menghadapi ancaman ini, Don Juan (John) dari Austria, komandan armada Katolik, berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria.

Demikian juga, umat Katolik di seluruh Eropa berdoa rosario untuk memohon bantuan Bunda Maria di dalam keadaan yang mendesak ini. Pada tanggal 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama- sama dengan banyak umat beriman berdoa rosario di basilika Santa Maria Maggiore. Sejak subuh sampai petang, doa rosario tidak berhenti didaraskan di Roma untuk mendoakan pertempuran di Lepanto.

Walaupun nampaknya mustahil, namun pada akhirnya pasukan Katolik menang pada tanggal 7 Oktober. Kemudian, Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. Kemudian penerusnya, Paus Gregorius XIII, menetapkan tanggal 7 Oktober itu sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Santa Maria ora pro nobis 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
#48
Saat teduh / Ave Maria
Last post by Bernadet - Aug 05, 2022, 09:31 PM
#49
Saat teduh / Magnificat gregoriano
Last post by Bernadet - Aug 01, 2022, 03:14 AM