Forum > Diskusi Kristen

definisi kafir dan siapa orang kafir itu ??

<< < (2/5) > >>

ond32lumut:
ini menurut alm Gus Dur:

Bagaimana Gus Dur mendefenisikan istilah kafir?

Mengenai pengertian kafir, muballigh kayak Yusril Ihza Mahendra saja, menteri kita itu, nggak tahu. Dulu dia pernah bilang, “Saya kecewa pada Gus Dur yang terlalu dekat dengan orang Kristen dan Yahudi. Padahal, Alquran mengatakan, tandanya muslim yang baik adalah asyiddâ’u`‘alal kuffâr (tegas terhadap orang-orang kafir).” Terus saya balik tanya, “Yang kafir itu siapa?”

Menurut Alquran, orang Kristen dan Yahudi itu bukan kafir, tapi digolongkan sebagai *ahlul kitab. Yang dibilang kafir oleh Alquran adalah ”orang-orang musyrik Mekkah, orang yang syirik, politeis Mekkah”. Sementara di dalam fikih, orang yang tidak beragama Islam itu juga disebut kafir. Itu kan beda lagi. Jadi, kita jelaskan dulu, istilah mana yang kita pakai.

*ahlul kitab (ahli kitab) adalah orang-orang yang diberikan kepadanya kitab-kitab, sebelum datangnya rasulullah Muhammad SAW.


dalam terjemahan Alkitab kita bisa menjumpai kata kafir dalam ayat ini:

* Matius 5:47
LAI TB, Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya daripada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?

Alkitab Terjemahan Lama, "Dan djikalau kamu memberi salam kepada saudaramu sahadja, apakah lebihnja perbuatan kamu daripada orang lain? Bukankah orang kafir pun memperbuat demikian itu?"

cadangdata:
hehe....

mnrt saya...
Kafir adalah istilah yang digunakan ketika hendak memanipulasi emosi massa dengan biaya murah...

alias..
Kafir adalah Tag line & sales call yang paling manjur & hemat biaya, yg biasa digunakan para perusuh itu untuk mencapai keinginan pribadinya, yang tentu saja.. dibungkus dengan kalimat maha suci: "perintah Tuhan"
Tuhannya siapapun itu.. hehe...

kasian bener sih Tuhan... namanya main dicomot-comot gitu hehe...

Salam,

Husada:
Kafir, mungkin sejenis tapir, kali yee?

Phooey:

--- Quote from: Husada on August 07, 2013, 05:38:12 PM ---Kafir, mungkin sejenis tapir, kali yee?

--- End quote ---


--- Quote ---18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
 19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.
 20 Maka Aku berkata kepadamu: Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar dari pada hidup keagamaan ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, sesungguhnya kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
 21 Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum.
 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
 (Mat 5:18-22 ITB)

--- End quote ---

Ada kog di Alkitab.

Tapi ujung2nya kog balik ke Om Han ya

hehehehhee

 :giggle: :lol:

hanhalim2:

--- Quote from: Phooey on August 08, 2013, 07:40:57 AM ---Ada kog di Alkitab.

Tapi ujung2nya kog balik ke Om Han ya

hehehehhee

 :giggle: :lol:

--- End quote ---
Lho kenapa jadi balik ke oom han ???hati hati ingat ayat 22 diatas

Tuhan Yesus memberkati


Han

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

[*] Previous page

Go to full version